WELCOME TO OUR KNOWLEDGE

Selamat Datang...
Koleksi makalah untuk temen-temen S1 Jurusan Tarbiyah beserta tulisan-tulisan menarik lain

Selasa, 22 November 2011

Makalah Teknologi Pendidikan

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN
JENIS-JENIS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN


A. Pengertian Teknologi Pembelajaran
Sebelum membahas teknologi pembelajaran terlebih dahulu perlu diketahui pengertian teknologi. Kata Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan masalah manusia. Menurut Yp Simon, teknologi adalah suatu displin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah . Menurut (An) Teknologi tidak perlu menyiratkan penggunaan mesin, akan tetapi lebih banyak penggunaan unsur berpikir dan menggunakan pengetahuan ilmiah . Menurut Paul Saetiles, Teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia. Pengertian Teknologi pembelajaran diabad ke dua puluh meliputi lentera pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
Menurut Prof. Sutomo dan Drs. Sugito, M.Pd Teknologi pembelajaran adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/ pendidikan . Menurut ”Mackenzie, dkk”, Teknologi pembelajaran yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan . Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa:
- Teknologi pembelajaran lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar.
- Teknologi dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir kritis.

B. Jenis-Jenis Teknologi Pembelajaran
Ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pembelajaran yang lebih baik. Lima macam Teknologi, diantaranya :
1. Teknologi yang pertama : Sistem berpikir, Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil di bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
2. Teknologi yang kedua: Desain sistem, Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
3. Teknologi yang ketiga: Kualitas pengetahuan Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/ layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/ sekolah.
4. Teknologi yang keempat : Manajemen Perubahan, Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi kreatif ke arah perubahan positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran yang berlaku untuk aspek manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (Perencanaan, Organisasi, Aktualisasi dan Kontrol).
5. Teknologi yang kelima : Teknologi pembelajaran, Disini ada dua bagian yaitu peralatan Pelajar elektronik (Komputer, multimedia, Internet, telekomunikasi), dan pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. Jadi teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar. Kelima teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan/ alat elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk perubahan yang efektif.
Tiga macam teknologi pembelajaran Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies ada tiga yaitu :
1. Teknologi pendidikan satu
Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya). Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan efisien.
2. Teknologi pendidikan dua Teknologi pendidikan dua mengacu pada ”perangkat lunak” yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran, dan evaluasi. Jadi teknologi dua, menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman belajar Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrumen presentasi atau transmisi.
3. Teknologi pendidikan tiga, yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu “peragkat keras“ dan perangkat lunak”. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi pendidikan tiga dapat dikatakan sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik beratnya dalam orientasi diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang benar, namum juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak.
Kemudian secara rinci, jenis-jenis teknologi pembelajaran dapat dilihat sebagai berikut :
1. Teknologi cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui prosespercetakan mekanisatau photografis.
Kelompok teknologi cetak antara lain: teks, grafik, foto atau representasi fotografik.
2. Teknologi audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio-visual. penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar.
Karakteristik:
3. Teknologi berbasis computer
Teknologi ini merupakan cara menghasilka atau menyampaikanmateri dengan menggunakan sumber-suber yang berbasis micro-prosesor.
Berbagai aplikasi teknologi berbasiskomputer dalampembelajaran ummumnya dikenalsebagai computer assisted instruction.
4. Teknologi gabungan tenologi cetak dan teknologi computer
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah dengan pararel(alat-alat tambahan), seperti: vidio disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio .




C. Kelebihan dan Kelemahan Jenis-Jenis Teknologi Pembelajaran
Adapun kelebihan dari jenis-jenis teknologi pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Teknologi Cetak
a) Berorientasi atau berpusat pada siswa.
b) Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai
2. Teknologi Audio-Visual
a) Menyajikan visual yang dinamis
b) Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang
c) Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
d) Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
3. Teknologi Komputer
a) Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b) Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c) Gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
4. Teknologi Gabungan
a) Dapat digunakan secara acak, sekuensial, linear
b) Dapat digunakan sesuai keinginan siswa
c) Gagasan disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa
d) Prinsip ilmu kognitif dan konstruktifisme
e) Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif
f) Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa
g) Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Sedangkan kelemahan dari jenis-jenis teknologi pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Teknologi Cetak
a) Teks dibaca secara linear
b) Menampilkan komunikasi secarasatu arah dan reseptif
c) Ditampilkan secara statis atau diam
d) Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
2. Teknologi Audio-Visual
a. Bersifat linear
b. Berorientasi pada guru
3. Teknologi Komputer
a. Beroriatasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
b. Biaya yang mahal
c. Kompetensi dari guru memerlukan keahlian tinggi dalam pengoperasiannya.
4. Teknologi Gabungan
a. Biaya yang mahal
b. Diperlukan sistem yang baik dalam penggabungannya
c. Diperlukan keahlian khusus


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
1. Teknologi pendidikan adalah proses yang komplek yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/pendidikan.
2. Jenis-jenis teknologi pembelajaran yaitu:
a. Teknologi cetak
b. Teknologi audio-visual
c. Teknologi yang berdasarkan computer
d. Teknologi gabungan teknologi cetak dan teknologi computer
3. Teknologi pembelajaran apa pun jenisnya tentu memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA



1. Azhar, Arsad, 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

2. Afifuddin, Andi. 2007. Penggunaan metode E-Learning Dalam Proses Belajar ngajar di Sekolah pada Mata Pelajaran TIK Tingkat SMP. Majalengka: Jawa Barat

3. Davis, Ivor K. 1976. “Teknologi Pendidikan “ contoh yang sempurna Paradigma dan model. London. Prof. Nyoman S. Degeng. 2004. Pembelajaran konstruktivistik Vs Behaviouristik. Malang : Universitas Negeri Malang

4. Nanna Sudjana dan Ahmad Rivai.2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

5. Sutomo & Sugito M.Pd. 2005. Kapita Selekta & Problematika Teknologi pendidikan. Surabaya UNIPA.

6. http://www.undiksha.ac.id/index.php?c=HOME&md=mn&kid=470

7. http://umarstain.blogspot.com/2011/05/pembagian-dan-macam-macam-media.html

8. http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaran-arti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/

9. www.rumahmakalah.wordpress.com